Cara Merawat Bayi Baru Lahir


foto:tipsanakbayi.com


Anda telah menangani ketidaknyamanan kehamilan sembilan bulan dan berhasil melewati kegembiraan persalinan dan melahirkan. Selanjutnya kehidupan baru ada di depan Anda. Dimana Anda harus bisa melakukan cara merawat bayi baru lahir dengan benar dan tepat. Dengan bayi yang baru lahir muncul banyak tanggung jawab dan hal itu dapat menyebabkan kegugupan bagi kebanyakan ibu baru. 

Terutama mereka yang belum menghabiskan banyak waktu untuk bayi yang baru lahir. Sebenarnya, banyak orang tua baru merasa tidak siap ketika tiba saatnya membawa pulang bayi mereka dari rumah sakit. Sangat penting bagi para ibu mendapatkan bantuan seperti suami siaga, orang tua dan keluarga lainnya. Sehingga, para ibu tidak shok dan melakukan hal yang salah. Nah, berikut ini ada kiat-kiat atau cara merawat bayi baru lahir yang benar!

Pegang Bayi Anda dengan Hati-hati
Bayi yang baru lahir memiliki leher yang sangat lentur, karena otot-ototnya belum berkembang dengan baik. Otot mulai berkembang dalam beberapa bulan pertama, namun sampai saat itu Anda harus selalu memastikan untuk sepenuhnya memberikan perhatian pada leher bayi.  Cara merawat bayi baru lahir yang tepat yakni pegangi bagian lehernya untuk mencegah kepala bergerak tidak terkendali, dimana itu bisa merusak otak bayi. 

Selalu perhatikan kepala dan leher bayi Anda dengan tangan saat memegangnya. Cobalah untuk membungkus kepala saat membawa bayi Anda. perhatikan pula kepala bayi Anda saat membawanya tegak atau ketika membaringkannya.

Bantu Bayi Anda menyusu saat menyusui
Keputusan untuk menyusui bayi adalah salah satu hadiah terbaik yang bisa Anda berikan kepada bayi. ASI memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk menguatkan kekebalan bayi Anda. Ketika sampai pada menyusui, kait yang baik sangat penting, karena pemasangan yang tidak benar dapat menyebabkan ketidaknyamanan payudara. Kait yang baik berarti mulut bayi menutupi puting dan areola Anda. Dengan cara ini mulut, lidah dan bibir bayi akan memijat susu dari kelenjar susu Anda.
Untuk mendapatkan kait yang baik, pegangi bayi Anda menghadap payudara. Gelitikan bibir bayi dengan puting susu Anda agar mulut terbuka sangat lebar. Begitu mulut terbuka lebar, bawalah bayi Anda ke depan menuju payudara. Biarkan bayi menyusu dari kedua payudara setidaknya 10 menit di setiap sisinya.

Selain itu, penting untuk membuat bayi Anda bersendawa untuk membebaskan sistem udara berlebih. Trik sederhana ini akan membuat masalah perut bayi Anda tetap terjaga. Posisi tegak biasanya bekerja paling efektif membantunya untuk bersendawa. Tempatkan bayi Anda dalam posisi duduk, menghadap ke depan di pangkuan Anda. tepuk-tepuk perlahan pada punggungnya agar dia melepaskan udara. Jika sudah bersendawa cukup melakukannya.

Cara Merawat Bayi Baru Lahir Cara Merawat Bayi Baru Lahir Reviewed by Fossil Ampunku on 17.51 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.