Air Cooler, Sehat atau Tidak?

Perangkat elektronik yang satu ini memang sedang menjadi bahan perbincangan. Pasalnya, perangkat bernama air cooler tersebut menjadi pilihan alternatif seseorang selain AC (Air Conditioner) untuk mendinginkan ruangan. Dengan menggunakan air cooler Anda memang tak perlu mengeluarkan uang banyak untuk membelinya. Kalau Anda ingin tau lebih jauh tentang air cooler, silahkan di cek artikel tentang apa itu air cooler.

Tidak hanya itu, dengan menggunakan air cooler maka Anda juga bisa menghemat pengeluaran untuk membayar iuran listrik per-bulannya. Ini karena air cooler memang hemat listrik jika dibandingkan dengan AC. Meski banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari air cooler, tapi ada banyak asumsi yang menyatakan bahwa air cooler ini tidak sehat. Tapi benarkah demikian adanya? Untuk menjawabnya kita bisa menyimak pembahasan berikut ini.
Salah satu jenis produk air cooler

Efek Kelembaban
Tidak seperti Air Conditioner (AC) yang mampu membuat udara dikondisikan dingin, Air cooler bekerja meningkatkan kelembaban udara. Dari kelembaban yang diciptakan air cooler inilah maka banyak hal termasuk penyakit yang bisa muncul. Semakin tinggi kelembaban yang tercipta maka akan semakin besar peluang penyakit yang bisa datang.
Maka dari itu untuk mencegah penyakit muncul karena kelembaban yang tinggi, Anda harus menempatkan air cooler ini di tempat yang memiliki sirkulasi baik. Hal lain yang harus Anda hindari untuk menjaga kesehatan saat menggunakan air cooler adalah tidak mengarahkan hembusan udara langsung ke badan.

Bahaya Air Cooler untuk Kesehatan dan Cara Mengatasinya

Dari kemampuan air cooler yang melembabkan udara ini maka ada beberapa keadaan membahayakan yang bisa membahayakan kesehatan. Nah berikut ini beberapa keadaan bahaya dari air cooler bagi kesehatan yang seharusnya harus dipahami dan di antisipasi.

1.    Mengganggu Sistem Pernafasan
Air cooler yang tidak ditempatkan pada tempat dengan sirkulasi udara yang baik memang bisa membuat udara kotor yang mengandung partikel debu jadi menetap dan tidak keluar. Selain itu dari penempatan air cooler yang tidak tepat tersebut membuat asap yang ada pada ruangan tertutup pun juga tidak tergantikan dengan udara baru yang lebih baik. Dari sinilah maka penggunaan air cooler di ruangan tertutup bisa mengakibatkan sistem pernafasan seseorang terganggu. Dari terganggunya sistem pernafasan maka hal ini akan membuat dampak seperti sesak nafas, flek paru-paru atau bahkan asma bagi orang yang sering menderita. 

2.    Mengurangi Oksigen dalam Ruangan
Air cooler yang dipakai terus-menerus dalam waktu yang lama bisa membuat kandungan oksigen dalam ruangan jadi menurun. Padahal oksigen adalah unsur dalam udara yang sangat penting untuk metabolisme tubuh. Jika metabolisme tubuh terganggu karena kekurangan oksigen maka akan banyak hal membayakan kesehatan yang bisa terjadi. Menurunnya kandungan oksigen di udara ini disebabkan oleh penggunaan air cooler yang terus-menerus dalam waktu lama. Maka dari itu usahakan untuk tidak menggunakan air cooler lebih dari 4 jam bila ingin menjaga kandungan oksigen tetap baik dan tidak menurun.

3.    Menyebabkan Alergi

Tidak hanya soal udara, air cooler juga dapat menyebabkan munculnya alergi berwujud batuk atau bersin-bersin. Alergi ini memang bisa saja muncul jika Anda tidak rajin membersihkan tangki dan filter pada air cooler. Sebab tangki dan filter pada air cooler yang jarang dibersihkan dapat membuat kotorannya menyebabkan air keluar tidak baik hingga kemudian menyebabkan alergi. 

4.    Munculnya Bakteri Merugikan
Terakhir, bahaya air cooler bagi kesehatan yang bisa muncul adalah munculnya bakteri. Bakteri ini tentu akan sangat merugikan bagi kesehatan. Munculnya bakteri ini bisa terjadi karena air cooler yang menciptakan udara yang lebih lembab dari sebelumnya. Nah bila Anda tidak menempatkan air cooler pada tempat dengan sirkulasi udara yang baik maka tingkat kelembaban udara yang diciptakan air cooler akan semakin tinggi. Nah dari tempat yang lembab inilah kemudian muncul bakteri yang merugikan kesehatan.
Air Cooler, Sehat atau Tidak? Air Cooler, Sehat atau Tidak? Reviewed by Fossil Ampunku on 04.20 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.