Apa Itu SOP? Dan Berikut Berbagai Jenis Sop Perusahaan Batu bara


Dalam setiap pengerjaan suatu proyek atau sebuah kegiatan, tentunya memerlukan yang namanya SOP. Apalagi membutuhkan pengerjaan banyak orang seperti perusahaan batu bara, tentu sangat memerlukan SOP. Sebenarnya apa itu SOP? Nah SOP atau standar operasional prosedur merupakan dokumen yang memuat tentang informasi pekerjaan serta tata cara pelaksanaan pekerjaan tersebut mulai dari awal hingga akhir.
Adanya SOP sendiri memiliki banyak sekali tujuan yang diantaranya adalah sebagai pedoman atau acuan ketika mengerjakan sesuatu, sebagai dasar hukum ketika sewaktu-waktu terjadi kesalahan atau kecurangan, sebagai bahan belajar untuk karyawan baru, dan yang pasti adalah sebagai petunjuk arah agar pengerjaan suatu proyek dapat dikerjakan dengan lebih efektif dan efisien.
Dalam setiap kegiatan atau pekerjaan, keberadaan SOP tentunya sangat penting karena dapat dijadikan sebagai acuan setiap elemen pekerja dalam melaksanakan pekerjaannya. Nah berdasarkan sifat dan kegunaannya, SOP sendiri dibagi menjadi beberapa jenis yaitu sebagai berikut:
1.    SOP Berdasar sifat kegiatan.
Berdasarkan sifat kegiatannya, SOP dibagi menjadi dua jenis yakni SOP teknis dan SOP administratif. SOP teknis sendiri merupakan pedoman yang telah disusun secara sistematis dan juga terperinci guna memberikan acuan kerja bgai pemegang jabatan tertentu atau sebuah tim kerja yang memegang posisi tertentu dalam suatu perusahaan atau lembaga. Contoh diperusahaan batu bara adalah prosedur yang berkaitan dengan teknis seperti penggunaan alat, pemeliharaan lingkungan, dan sebagainya.
Sedangkan SOP administratif merupakan SOP yang dibuat tidak serinci SOP teknis dan juga tidak menunjukkan cara kerja tertentu. SOP administratif ini bersifat lebih umum dibanding dengan SOP teknis. Pada umumnya SOP ini berisi pedoman tentang pelaksanaan kegiatan yang sifatnya makro bukan perorangan, dan juga menampilakn cara pelaksanaan suatu kegiatan. SOP ini pada umumnya digunakan dalam hal administrasi perusahaan atau instansi.
2.    SOP berdasar jenis kegiatan
Berdasarkan jenis kegiatan SOP dibedakan menjadi dua yaitu SOP spesifik dan SOP generik. Adapaun SOP spesifik adalah pedoman yang disusun sebagai acuan kerja dalam lokasi tertentu dan hanya berlaku dalam lingkungan tersebut. Misalnya standar operasional prosedur yang berlaku di tempat penggalian batu bara daerah A dan hanya berlaku dalam lingkungan daerah A saja, tidak berlaku dilingkungan lainnya.
 Sedangkan SOP generik berbeda dengan SOP spesifik. Adapaun SOP generik sifatnya lebih umum dan lebih luas. Misalnya SOP pengaturan kuangan pada sub A dengan sub B, dan sebagainya.
3.    SOP berdasarkan skala kegiatan
Berdasarkan skala kegiatan atau besaran kegiatan ini, SOP dibedakan menjadi SOP mikro dan makro. SOP mikro bersifat teknis yang ditujukan untuk berbagai kegiatan kecil yang tujuannya adalah untuk menunjang SOP makro. Sedangkan SOP makro merupakan gabungan dari beberapa SOP mikro untuk terlaksananya kegiatan secara optimal. Misalnya pada SOP pelaksanaan surat masuk dan keluar dalam sebuah perusahaan.
4.    SOP berdasarkan kelengkapan kegiatan
Berdasarkan kelengkapan kegiatan SOP dibedakan menjadi dua yaitu SOP parisal yang berisi pedoman pelaksanaan kegiatan yang hasilnya bukan produk final, dan SOP final yang merupakan pedoman kegiatan yang hasil akhirnya merupakan produk final atau utama.
Nah jika berbicara SOP perusahaan batu bara, tentu SOP yang dibuat harus meliputi banyak hal. Misalnya saja dimulai dengan tujuan, sasaran, ruang lingkup operasional penambangan yang di dalamnya memuat tentang Land clearing dan manajemen soil, penggalian batu dasar, coal cleaning dan coal getting, hauling batubara, operasional di malam hari, umum, dan sebagainya. Nah sekarang sudah faham kan apa itu SOP? Oke semoga bermanfaat.
Apa Itu SOP? Dan Berikut Berbagai Jenis Sop Perusahaan Batu bara Apa Itu SOP? Dan Berikut Berbagai Jenis Sop Perusahaan Batu bara Reviewed by cantiknyakam on 07.55 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.